Langkah Kedepan Pemantauan Pengelolaan Minerba

Seperti yang telah disepakati penandatanganan MUO pada pertemuan 4 April 2018  dengan pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengenai  Pemantauan Sektor  Minerba Berbasis  Website, PINUS sebagai lembaga yang dipercaya untuk megembangan sistem tersebut bekerja sama dengan dinas ESDM Sumatera Selatan dan  diharapkan Sistem informasi ini menjadi media pelaporan perusahaan-perusahaan terkait produksi dan penjualan produk minerba di Sumsel yang dapat diakses langsung publik. Dengan begitu, masyarakat luas tahu bagaimana kekayaan minerba mereka telah dimanfaatkan perusahaan pemegang IUP. Pinus juga akan mengembangkan kelompok-kelompok masyarakat sekitar tambang untuk dapat memanfaatkan fasilitas sistem pengaduan ini. Tujuannya, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam sector pertambangan minerba.

Pada bulan Juli 2018 mendatang, Pinus akan mengadakan Pelatihan dengan tujuan untuk Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman peserta pelatihan serta meningkatkan kapasitas dalam memahami rencana reklamasi dan pascatambang, Menjadikan peserta sebagai team untuk mereview dokumen recana reklamasi dan pascatambang

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan adanya pengetahuan yang lebih dalam mengenai dokumen rencana reklamasi dan dampak terhadap lingkungan dan masyaraka sekitar wilayah tambang. Untuk itu dengan diadakannya pelatihan review reklamasi dan pascatambang  peserta yang mengikuti pelatihan tersebut  bisa mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan dokumen rencana reklamasi dan pascatambang.

Penulis : Ricky Ismail

× Hubungi Kami Untuk Pemesanan